Penjualan HP Anjlok Parah di RI, Oppo Buka Suara

Infografis, Candu Parah, Warga RI Juara Soal Ini

Dalam laporan terbaru Canalys, Vivo menjadi raja HP di Indonesia pada periode Q4 2023. Sementara itu, Oppo berada di urutan kelima dengan penurunan signifikan 41%.

Menanggapi laporan tersebut, Baskoro Adiwiyono selaku Head of PR Oppo Indonesia mengatakan kondisi serupa terjadi secara global. Sebab, ada penurunan daya beli masyarakat, jadi membuat konsumen mempertimbangkan saat melakukan pembelian.

“Tapi memang kelihatannya semuanya turun. Jadi ini memang kondisi secara global dan masih kelanjutan dari yang sebelumnya,” kata Baskoro ditemui usai Media Launch Oppo 11F, Jakarta, Jumat (16/4/2024).

Oppo baru saja merilis Oppo Reno 11F. Ditanya apakah HP tersebut bisa mendorong pertumbuhan, dia mengatakan bukan hanya untuk seri Reno, namun semua seri HP Oppo.

Dalam laporan Q4 2023, Canalys menyebutkan Vivo berhasil menempati urutan pertama. Market share-nya 19% dengan pertumbuhan 13%.

Xiaomi, Samsung dan Transsion (induk perusahaan Infinix, Tecno dan Itel) mengantongi pangsa pasar 18%. Xiaomi yang berada di urutan kedua tumbuh signifikan 40%.

Sedangkan Samsung bertumbuh 1% selama periode tersebut. Transsion menjadi perusahaan dengan pertumbuhan terbesar mencapai 147%.

Oppo yang mengantongi pangsa pasar 16% jadi satu-satunya yang mencatat pertumbuhan negatif di Q4 2023.

Kendati demikian, untuk penjualan sepanjang 2023, Oppo masih bertahan di urutan pertama dengan pangsa pasar 20%, meski pertumbuhannya menurun 17%.

Selanjutnya secara berurutan diikuti Samsung dengan pangsa pasar 19%, https://berharaplahlagi.com/Vivo 18%, Xiaomi 16%, dan Transsion 14%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*